728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sabtu, 17 September 2016

    Kuliner Indonesia : Resep Kue Kaktus Mudah, Murah dan Renyah Untuk Hari Raya

    Kue menjadi suguhan yang umum di tiap rumah menjelang hari raya Idul Fitri. Umumnya kue yang disajikan adalah kue kering karena teksturnya yang renyah serta rasanya yang manis dan lezat sehingga disukai semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kue kering biasanya akan ditempatkan di dalam toples plastik yang cantik dan ditata rapi agar tampak menggugah selera. Warna kue kering yang kuning kecokelatan juga semakin membuat orang ingin mengonsumsinya. Kue kering tidak hanya ada mendekati hari raya. Di hari-hari biasa pun kita juga bisa membuat dan mengonsumsi kue kering sebagai cemilan di sela-sela waktu makan. Terutama untuk kita yang memang memiliki hobi memasak, tentu tak ada salahnya untuk membuat kue kering ini di hari-hari biasa sebagai pengisi waktu luang.
    Salah satu jenis kue kering yang banyak ditemukan di hari raya adalah kue kaktus. Dinamai demikian karena memang bentuknya menyerupai pohon kaktus yang berduri. Sebutan lain dari kue kaktus adalah kue akar kelapa wijen karena bentuknya juga mirip dengan akar pohon kelapa. Resep kue kaktus terbilang mudah untuk dibuat dan tidak memerlukan teknik ataupun peralatan khusus kecuali cetakan kue. Kue ini sangat renyah dan juga manis gurih sehingga cukup disukai. Cara pembuatan kue kaktus pun tidak terlalu sulit. Ada banyak resep yang bisa kita coba di dapur pribadi sehingga kita bisa membuatnya sendiri. Asalkan takaran bahannya sesuai dan bahan-bahan yang digunakan berkualitas, pasti rasanya akan semakin lezat dan kandungan gizinya juga tetap terjaga.
    Agar tampilannya menarik, kita bisa menempatkan kue kaktus di dalam toples transparan dan menghias toples antara lain dengan menggunakan pita atau hiasan lain. Atur kue di dalam toples agar tertata rapi dan penuh isinya. Tempatkan di atas meja ruang tamu bersama toples-toples lain yang berisi kue-kue lainnya. Bahan-bahan pembuatan kue tergolong mudah untuk ditemukan dan langkah-langkahnya juga mudah untuk diikuti. Jika sudah terbiasa membuat kue kering, kita bisa seterusnya membuat kue agar tidak selalu membeli di toko. Hal ini tentu akan semakin menghemat biaya terutama di hari raya di mana harga-harga cenderung mengalami kenaikan. Berikut adalah resep kue kaktus lengkap dengan bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara pembuatannya.

    Bahan dan Cara Membuat Resep Kue Kaktus

    Bahan-bahan Pembuatan Kue Kaktus Manis dan Sederhana
    1. Tepung ketan sebanyak dua ratus lima puluh gram
    2. Tepung tapioka sebanyak lima puluh gram
    3. Wijen sebanyak empat sendok makan
    4. Garam sebanyak setengah sendok teh
    5. Gula pasir halus sebanyak enam puluh gram. Jumlah gula ini bisa ditambah kalau kita menyukai rasa manis
    6. Telur sebanyak tiga butir yang dikocok lepas
    7. Santan sebanyak seratus mililiter. Kita juga bisa menggunakan santan kental instan
    Cara Membuat Kue Kaktus Nikmat Sederhana
    1. Campurkan tepung tapioka, tepung ketan, wijen, garam dan gula pasir dalam satu wadah lalu aduk sampai semua bahan di dalamnya tercampur rata
    2. Masukkan tepung dan aduk lagi sampai rata
    3. Sedikit demi sedikit masukkan santan sampai adonan menjadi lembut serta kalis. Jika sudah dirasa kalis, hentikan menambahkan santan lalu diamkan adonan selama kira-kira lima belas menit
    4. Panaskan minyak di dalam wajan datar. Gunakan wajan datar agar kue nantinya bisa berbentuk lurus dan tidak bengkok-bengkok. Nyalakan kompor sedang sampai kecil dan jangan kebesaran agar kue kaktus yang digoreng tidak cepat gosong dan bagian dalam belum matang.
    5. Setelah minyak panas, atur api agar mengecil dan masukkan adonan kue yang telah dicetak ke dalam cetakan.
    6. Goreng perlahan dan sesekali dibalik agar matang sepenuhnya
    7. Jika warna kue telah berubah menjadi kuning keemasan, angkat lalu tiriskan
    Jika kita ingin menggoreng adonan kue berikutnya, lebih baik matikan terlebih dahulu api kompor sembari mencetak kue di atas wajan. Setelah adonan selesai dicetak barulah kita menghidupkan kembali api kompor. Tujuan dari hal ini adalah agar semua adonan kue matang secara bersamaan dan tidak ada kue yang gosong duluan. Apabila kue telah dingin, simpan segera di dalam wadah yang kedap udara seperti toples plastik transparan. Kue kaktus ini mudah dibuat dan memiliki rasa gurih manis yang lezat sehingga sangat cocok sebagai sajian di kala hari raya Idul Fitri ataupun di hari-hari biasa sebagai cemilan di hari-hari biasa. Kue kaktus juga memiliki tampilan yang unik sehingga cocok untuk disandingkan di atas meja bersama dengan kue-kue lain yang umumnya memiliki bentuk bulat hingga lonjong. Sajikan kue kaktus sebagai suguhan di berbagai acara agar dapat semakin menghangatkan suasana. Demikian resep kue kaktus sederhana dan praktis yang bisa kita praktekkan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
    Sumber : http://reseponline.info/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kuliner Indonesia : Resep Kue Kaktus Mudah, Murah dan Renyah Untuk Hari Raya Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top