728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sabtu, 17 September 2016

    Kuliner Indonesia : Resep Masakan Sayuran Sehat Untuk Keluarga: Sayur Asem

    Sayuran, bicara mengenai makanan yang satu ini memang tidak akan ada habisnya. Bagaimana tidak sayuran memang telah menjadi bahan makanan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizinya yang tinggi termasuk kandungan serat yang ada akan membuat anda bisa selalu menjaga kesehatan tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa sejak kecil kita telah banyak belajar jika mengkonsumsi sayuran memang sangat dianjurkan. Dengan mengkonsumsinya secara teratur, maka tubuh anda dalam hal ini ialah alat pencernaan tubuh anda akan tetap sehat. Anda tidak akan mudah sakit khususnya sakit dalam pencernaan anda. Selain itu, sayuran yang lezat ini juga kaya akan manfaat lainnya seperti pencegah kanker, baik untuk kesehatan mata untuk sayur dengan kandungan vitamin A, dan manfaat lain yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Maka tidaklah mengherankan jika sejak kecil, sayur menjadi menu makanan yang wajib disantap.
    Kemudian, mengenai olahan dari sayur pun sangatlah beragam. Anda bisa lihat saat ini ada banyak sekali resep masakan sayuran sehatyang telah diinovasikan banyak orang. Untuk anda yang ingin membuat olahan makanan dari sayur, kini anda tidak perlu pusing lagi karena ada banyak sekali resep yang bisa anda coba. Tentu saja resep tersebut akan menbuat olahan sayur anda makin nikmat dan disukai oleh semua anggota keluarga anda. Adanya resep yang beragam ini tentu saja menjadi sebuah hal yang sangat baik. Artinya ialah anda dapat mencoba berbagai macam resep yang anda ingin masak sesuai dengan selera. Jadi, hal tersebut tidak akan membuat jenis makanan di meja makan anda monoton alias membosankan karena olahan sayuran yang itu-itu saja.
    Di Indonesia sendiri, olahan sayur pun sangatlah banyak. Tidak jarang olehan sayur tersebut menjadi ciri khas dari daerah Indonesia. Untuk anda yang ingin mencoba resep masakan sayuran sehat dari Indonesia, anda bisa coba sayur asem. Ya, siapa yang tidak tahu dengan olehan sayur yang satu ini. Sayur asem memang telah dikenal banyak orang Indonesia karena rasanya yang nikmat. Meskipun bernama sayur asem, akan tetapi untuk rasanya jangan dibayangkab jika olahan sayur ini tidak nikmat. Bisa dipastikan apabila olahan sayur asem menjadi banyak favorit oranf sebab kelezatannya. Sangat terkenal sejak dahulu kala membuat resep sayur asem bisa anda tanyakan langsung kepada ibu anda. Atau dengan teknologi canggih seperti sekarang, anda pun bisa langsung dapatkan resepnya di internet tanpa harus ribet tanya sana sini.
    Di dalam olahan sayur asem yang satu ini, hal yang harus anda tahu adalah mengenai jenis masakannya. Terlihat sekilas seperti sup sayuran, sayur asem sangatlah berbeda. Pertama adalah dari bumbu yang digunakan untuk kuah sayurnya. Jika biasanya bumbu yang digunakan adalah bumbu sup biasa, anda tentu tidak akan temukannya di resep sayur yang satu ini. Adanya bumbu khas yang harus anda membuat sayur asem cukuplah spesial. Selanjutnya adalah tentang sayuran yang ada di dalamnya. Meskipun terlihat hampir sama, tapi sebenarnya adalah ada sayur tertentu yang sengaja ditambahkan agar rasanya makin khas.
    Lalu, bagaimana cara untuk mempraktekkan resep sayur asem sebagairesep masakan sayuran sehat? Untuk anda yang memang ingin tahu lebih banyak bagaimana caranya untuk memasak sayiur asem ini, sekaran anda tidak perlu lagi mencari sumber lain sebab disini akan dibahas mengenai cara memasak sayur asem. Bagi anda yang memang ingin memasak menu ini, simak ulasannya di bawah ini.

    Resep Cara Memasak Sayur Asem Enak

    Bahan-bahan Membuat Sayur Asem
    Bumbu Dari Masakan Sayur Asem
    1. Lengkuas 2 ruas
    2. Bawang merah 2 siung
    3. Bawang putih 3 siung
    4. Cabe merah 3 buah
    5. Kemiri 4 buah
    6. Asem jawa secukupnya
    7. Garam secukupnya
    8. Air secukupnya
    Bahan Dari Sayur
    • Untuk macam sayuran anda bisa pilih jagung manis, kubis, wortel, daun so, melinjo, dan sayuran lain yang identik dengan sayur asem.
    Cara Pembuatan Masakan Sayur Asem
    1. Didihkan air yang telah disiapkan
    2. Haluskan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan kemiri.
    3. Masukkan bumbu yang telah dihakuskan tersebut ke dalam air yang mendidih.
    4. Tambahkan garam, asem jawa, cabai, lengkuas dan jangan lupa untuk masukkan sayurab ke dalamnya.
    5. Masak hingga matang dan langsung sajikan selagi hangat.
    Jadi, itulah bagaimana anda bisa memasak sayur asem yang spesial untuk keluarga anda. Biasanya, agar makin lezat sayur asem disajikan dengan ikan asin atau bosa juga tempe goreng. Disantap selagi panas tentu akan membuat masakan ini makin nikmat. Untuk anda yang kurang menyukai pedas, maka anda bisa kurangi cabai merah yang digunakan. Atau jika anda kurang suka rasa asem, maka dalam resep sayur asem sebagai resep masakan sayuran sehat, anda cukup kurangi asem jawa yang digunakan.
    Sumber : http://reseponline.info/
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kuliner Indonesia : Resep Masakan Sayuran Sehat Untuk Keluarga: Sayur Asem Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top